MENYAMBUT DANA DESA TAHAP 1 DESA WIROKO :SURVEY DAN PENGUKURAN AWAL PROYEK DIMULAI

doc.eko

wiroko.sideka.id –  Seiring APBDES 2019 Desa wiroko sudah ditetapkan akhir januari lalu dan pengajuan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa sudah dilakukan awal maret 2019. Maka Tim Pelaksana Kegiatan Desa Wiroko yang mulai dibentuk awal maret ini mulai melakukan survey lokasi  dan pengukuran  awal untuk pembangunan infrastruktur yang didanai oleh dana desa 2019.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa wiroko, survey dan pengukuran awal ini dilakukan pada awal pelaksanaan proyek. “Pengukuran awal yang baik termasuk survey lokasi dan pematokan awal menentukan kelancaran pelaksanaan pekerjaan berikutnya” tandasnya.

pengukuran rabat jalan dusun koripan (doc. chindi)

Pengamatan kondisi lapangan

Selain pengukuran dan pendataan serta pembuatan gambar,  kondisi lapangan baik di dalam lokasi maupun di sekitar lokasi pembangunan, perlu diamati antara lain :

  • kondisi tanah dan vegetasi serta konstruksi  di lokasi proyek
  • bahaya alam (lereng yang mudah longsor  dsb)
  • kondisi lalu lintas serta manuver kendaraan di sekitar lokasi proyek
  • kondisi sosial di sekitar lokasi proyek.
    Hal ini dimaksudkan supaya tim  dapat mengantisipasi segala kendala yang mungkin timbul serta membuat persiapan pencegahannya.  Kendala yang mungkin timbul antara lain : potensi  daerah rawan bencana longsor, musim hujan yang panjang. Pengamatan ini juga berguna untuk menganalisa metoda kerja yang akan digunakan, dalam kaitan aspek teknis maupun non teknis yang mungkin terjadi.
PLD (kanan) dan anggota TPK( kiri) berkoordinasi tentang ukuran dan kondisi lapangan ( doc. eko)

Survey lokasi dan pengukuran awal ini dlakukan 2 hari di 9 Dusun Desa Wiroko,  dan dilakukan oleh Tim Pelaksana Kegiatan desa,  Bp. Triyono Ketua Tim Pengadaan Barang Dan Jasa Desa , Bp. Supriyadi  LPM serta didampingi oleh Bp. Suroto Pendamping Lokal Desa.

 

 

(tim informasi desa)

Facebook Comments
About wiroko 80 Articles
Seorang yg idealis dinamis, belajar mengabdi untuk negeri dan masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan